Italia Melenggang ke Babak 16 Besar Euro 2020 Kandaskan Swiss 3-0

  Kamis, 17 Juni 2021   Redaksi Ayopurwakarta
Para pemain timnas Italia merayakan gol pada pertandingan Grup A Euro 2020 antara Italia dan Swiss di Stadion Olimpiade di Roma, Italia, Kamis (17/6) dini hari WIB. Italia unggul 3-0 atas Swiss sekaligus memastikan diri melaju ke babak 16 besar. (Foto: AP/Alessandra Tarantino)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Italia berhasil melenggang ke babak 16 besar Euro 2020 setelah mengalahkan Swiss, 3-0, di laga keempat penyisihan Grup A, Kamis, 17 Juni 2021, dini hari WIB. Torehan enam poin dari dua laga membuat Italia dipastikan bisa finis di salah satu dari dua posisi teratas klasemen Grup A.

Tiga gol Italia di laga yang digelar di Stadio Olimpico, Roma, tersebut disumbangkan oleh dua gol Manuel Locatelli dan satu gol Ciro Immobile. Tampil di depan pendukungnya sendiri, ditambah peluang memastikan satu tempat di babak 16 besar lewat kemenangan di laga ini, membuat Italia langsung tancap gas. Tim besutan Roberto Mancini itu kembali berusaha mengambil kendali lapangan tengah lewat penampilan solid trio Nicolo Barella-Jorginho-Manuel Locatelli. Pun dengan operan-operan pendek cepat saat memasuki sepertiga akhir lapangan atau saat memasuki kotak penalti Swiss.

Gli Azzurri akhirnya benar-benar bisa mencatatkan keunggulan pada menit ke-25. Locatelli sukses menyambar umpan tarik dari Domenico Berardi di depan gawang Swiss. Locatelli sebenarnya juga terlibat langsung dalam proses terciptanya gol ini. Gelandang Sassuolo itu melakukan switch of play dengan memberikan umpan lambung kepada Berardi, yang berdiri bebas di sisi kiri pertahanan Nati, julukan Swiss.Gelandang berusia 23 tahun itu kemudian merangsek ke kotak penalti guna menyambut umpan Berarrdi, yang melakukan aksi cut-back

Di sisi lain, Swiss belum juga mampu menembus pertahanan Italia. Skema serangan tim besutan Vladimir Petkovic itu kerap tertahan di lapangan tengah dan belum sempat memasuki pertahanan Italia. Hingga memasuki menit ke-39, Swiss tercatat hanya satu kali melepaskan tembakan, tanpa ada satu pun tembakan tepat ke arah gawang. Sedangkan Italia telah melepaskan tujuh tembakan, termasuk satu tembakan tepat ke arah gawang.

Laga ini bisa dibilang menjadi milik Locatelli. Pada babak kedua, mantan gelandang AC Milan itu kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Gli Azzurri menggandakan keunggulan, tepatnya pada menit ke-52. Setelah menerima umpan dari Barella di depan kotak penalti Swiss, Locatelli melepaskan sepakan keras kaki kiri dari jarak 18 meter.

Bola sepakan Locatelli itu meluncur mulus melewati dua pemain bertahan Swiss. Kiper Swiss, Yann Sommer, terlambat untuk mengantsipasi arah datang bola dan hanya terpaku melihat bola bersarang di pojok kiri bawah gawangnya. Untuk pertama kalinya di sepanjang karier sepak bolanya, Locatelli berhasil mencetak dua gol dalam sebuah pertandingan. Tidak hanya itu, Locatelli juga menjadi pemain pertama timnas Italia, setelah Mario Balotelli di Euro 2012, yang mampu mencetak dua gol dalam sebuah laga di putaran final Piala Eropa.

Dari kubu Swiss, berbagai upaya untuk bisa mencetak gol kerap berujung pada kegagalan. Selain solidnya lini belakang La Nazionale, performa penjaga gawang Gianluigi Donnarumma juga tidak dikesampingkan. Pada menit ke-65, Donnarumma melakukan dua penyelamatan secara beruntun, termasuk sepakan Steven Zuber dari sudut sempit.

Satu menit sebelum laga memasuki masa injury time, Italia kembali menggandakan keunggulan. Setelah sempat memaksimalkan sejumlah peluang di laga ini, Immobile akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang Lazio itu melepaskan sepakan kaki kanan dari depan kotak penalti Swiss. Meski sempat mengenai tangan Sommer, bola sepakan Immobile melaju dengan keras dan bersarang di pojok kanan bawah gawang. Gol Immbobile ini pun memastikan kemenangan Italia atas Swiss.

Tambahan tiga angka di laga ini mengantarkan Gli Azzurri memastikan satu tiket di babak 16 besar Euro 2020. La Nazionale dipastikan bisa finis di dua teratas klasemen akhir Grup A usai mengumpulkan enam poin dari dua laga. Dengan koleksi enam poin dari dua laga, Italia pun kembali memimpin klasemen sementara Grup A.

Sementara buat Swiss, kegagalan memetik poin di laga ini membuat Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A. Swiss masih harus berjuang keras untuk bisa lolos ke fase gugur di laga pamungkas Grup A, tepatnya saat menghadapi Turki, 20 Juni nanti.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar