Pesona Gunung Salak Yang Penuh Kisah Mistis

  Kamis, 24 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
Pesona Gunung Salak Yang Penuh Kisah Mistis

AyoPurwakarta.com - Siapa yang tidak mendengar tentang kisah mistis di gunung salak. Gunung Salak adalah salah satu tempat yang tersohor karena kengeriannya. Gunung yang memiliki tinggi 2.211 mdpl ini sejak dahulu selalu menjadi tujuan para pendaki untuk ditaklukan. Selain mendapatkan kesempatan mengagumi alamnya yang indah secara langsung, para pendaki juga mengaku mengalami banyak peristiwa mistis selama mendaki Gunung Salak.

Faktanya, gunung yang terletak di wilayah Bogor dan Sukabumi ini memang sejak dulu dikenal angker. Menurut kepercayaan masyarakat setempat yang notabene berbudaya Sunda, Gunung Salak diyakini sebagai gunung yang suci. Hal ini karena Gunung Salak dipercaya merupakan tempat bagi Prabu Siliwangi, raja sekaligus pendiri kerajaan Padjadjaran bersemedi kemudian menghilang. Tempat ini juga dipercaya menjadi tempat bagi para batara dari kayangan bersemayam.

Gunung Salak memiliki nama yang unik. Meski dinamakan demikian, gunung ini tidak memiliki sangkut paut apapun dengan buah salak. Nama ini diambil dari bahasa sansekerta ‘salaka’ yang berarti perak. Karena itu Gunung Salak juga dikenal dengan nama Gunung Perak.

Kisah Mistis Selama Mendaki Gunung Salak

Pendaki Yang Hilang

Pendaki Yang Hilang (foto AyoBogor)

Seperti kata pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kemanapun kita pergi, maka kita harus mengikuti aturan yang berlaku dan menghormati kepercayaan setempat. Hal ini juga berlaku di pegunungan, termasuk Gunung Salak. Para pendaki sudah mafhum kalau mereka harus menjaga sopan santun karena sesungguhnya mereka sedang bertandang ke tempat (makhluk) lain.

AYO BACA : Jalan Lingkar Barat Sukasari Menyimpan Kisah Mistis

Layaknya kisah pendakian di gunung manapun, Gunung Salak juga memberi pengalaman menyeramkan bagi orang-orang yang mencoba mendaki. Banyak dari para pendaki yang menuturkan kisah-kisah mistis mereka selama mendaki Gunung Salak.

Kisah mistis Gunung Salak di mulai dari sayup bunyi gamelan yang berasal dari tengah-tengah hutan. Dengan nada-nada yang sarat dengan aura mistis, bunyi tersebut membuat para pendaki berkeinginan untuk mencari asal suaranya. Namun semakin dicari ke dalam hutan, suara itu masalah semakin menghilang. Tanpa disadari para pendaki pun tersesat dan tidak bisa kembali ke rombongan.

Ada pula pendaki yang mengaku disesatkan oleh makhluk halus. Kala itu, dia dan rombongnya yang tengah mendaki bertemu dengan pasangan pendaki yang entah kenapa terlihat mencurigakan. Mereka berulang kali bertemu dengan sepasang pendaki itu sampai tanpa sadar mereka mengikutinya dan keluar dari jalur. 

Ada pula kisah menyeramkan dari para pendaki yang mengaku mendengar jeritan seorang wanita. Suara yang terdengar seperti merintih, memanggil dan meminta pertolongan itu konon berasal dari tempat pesawat sukhoi yang jatuh pada tahun 2012.

Di Gunung Salak juga terdapat sebuah puncak yang diberi nama Puncak Manik. Lokasi ini konon dipercaya menjadi pusat para makhluk halus berkumpul dan mendirikan kerajaan gaib Padjadjaran. Aura mistis Puncak Manik semakin terasa lantaran di area ini angin sering bertiup kencang dan turun kabut secara tiba-tiba.

Terdapat banyak kisah mistis lain dari Gunung Salak, mulai dari nenek renta yang berada di tebing sampai lelaki dengan balutan sorban. Percaya atau tidak, tapi sudah ada banyak orang yang mengalami keganjilan ketika mendaki Gunung Salak. Bahkan dengan ilmu pengetahuan sekalipun, masih terdapat banyak misteri yang belum (enggan) dipecahkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar