SMKN 1 Karawang, Sekolah BLUD di Lingkungan Cadisdik Wilayah IV Jabar Produksi Suku Cadang Moge

- Selasa, 1 November 2022 | 15:25 WIB

KARAWANG, AYOPURWAKARTA.COM - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Karawang adalah salah satu sekolah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang berada di wilayah kerja Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah IV Jawa Barat. SMKN yang berlokasi di Jalan Pangkal Perjuangan, Tanjungpura, Kabupaten Karawang ini berhasil memproduksi beragam peralatan mekanik, termasuk melayani pekerjaan jasa seperti bengkel motor.

Tidak hanya itu, siswa dan siswi SMKN 1 Karawang juga telah menghasilkan suku cadang untuk motor besar (moge) yang banyak diminati pasar.

Kepala SMKN 1 Karawang, Makmur mengungkapkan, dengan status BLUD, sekolah yang dia bina memang telah diakui sebagai produsen beragam peralatan mekanik.

"Kita memproduksi suku cadang motor gede dan peminatnya cukup banyak," ujar Makmur.

Menurut dia, suku cadang moge ini salah satunya dipesan oleh salah satu produsen suku cadang di Kota Bandung secara berkala. Di mana biasanya, produknya tersebut digunakan oleh para pegiat motor yang hobi melakukan modifikasi kepada kendaraannya.

"Yang kita buat sekarang itu salah satu part untuk bagian shock breaker motor gede. Sebelumnya juga ada yang memesan pelek motor besar. Biasanya yang suka custom motor," katanya.

Meski begitu, Makmur tak menampik ada tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan pasar, baik dari produk maupun jasa yang dihasilkannya. Bahkan, selama ini sekolahnya cenderung menunggu pesanan.

"Beruntung kita punya media sosial. Pemasaran cukup terbantu lewat promosi di media sosial," katanya.

Sejauh ini, dia katakan, SMKN 1 Karawang hanya ada tiga mesin CNC bubut. Dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimilikinya tersebut, maka pihaknya baru mampu mengerjakan produk sesuai pesanan.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Tiga Fakta Menarik Rights Issue BBTN

Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

Terpopuler

X