DPMD Purwakarta Akan Berhentikan Kades Sukajaya Jika Terbukti Bersalah

- Selasa, 9 November 2021 | 13:49 WIB
Ketua DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo. (Dede Nurhasanudin)
Ketua DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo. (Dede Nurhasanudin)



PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kasus dugaan ijazah palsu Kepala Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta berinisial NH tengah diselidiki pihak kepolisian.

Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengaku akan bertindak jika yang bersangkutan benar terbukti bersalah di mata hukum.

Saat ini melihat perkembangan dan prosesnya terlebih dahulu. Namun berdasarkan regulasi yang ada jika terbukti menggunakan ijazah palsu sesuai dengan putusan pengadilan yang inkrah, akan mengambil sikap terkait dengan putusan bupati tentang pelantikan yang bersangkutan.

Baca Juga: Baznas Purwakarta Bantu Kepulangan 8 Warga yang Telantar di Nusa Tenggara Timur

"Kita ikuti saja prosesnya seperti apa, kalau terbukti baru kita akan mengambil sikap," ujar Jaya Pranolo, Selasa 9 November 2021.

Jaya Pranolo menjelaskan, jika nanti terbukti, kemudian akan diisi oleh pejabat sementara dari Apartur Negeri Sipil (ASN) untuk mempersiapkan Pemilihan Antar Waktu (PAW) di desa tersebut.

Adapun mekanisme PAW melalui perwakilan tokoh masyarakat yang jumlahnya disesuaikan secara proporsional dengan jumlah penduduk di desa tersebut. "PAW itu hanya perwakilan saja dari tokoh masyarakat," kata Jaya Pranolo.

Selain itu, Jaya Pranolo mengimbau kepada para kepala desa terpilih yang sudah dilantik bisa bekerja sesuai dengan program dan visi misi Pemkab Purwakarta. "Tentunya harus menjadi bagian dalam mendukung Purwakarta lebih baik lagi," ujar Jaya Pranolo.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

bank bjb syariah KCP Pangandaran Resmi Beroperasi

Senin, 16 Januari 2023 | 19:36 WIB

Terpopuler

X