Minat Baca Masyarakat Purwakarta Rendah

- Rabu, 25 Juli 2018 | 20:21 WIB
Ilustrasi. (Arditya Pramono/ayopurwakarta_)
Ilustrasi. (Arditya Pramono/ayopurwakarta_)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta, Nina Menawati mengatakan, masyarakat saat ini cendrung lebih memilih bermain gadget dibanding membaca buku. 

"Beberapa tahun terakhir minat baca warga Purwakarta sangat rendah. Meski satu tahun terakhir meningkat, namun itu karena ada perpustakaan digital," ujar Nina di sela-sela Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Rabu (25/7/2018). 

Menurutnya, minat membaca pada perpustakaan konvensional masih rendah. Hal itu menurutnya terjadi karena minimnya fasilitas perpustakaan dan kecenderungan masyarakat, khususnya anak, lebih memilih bermain gadget dan menonton televisi. 

"Untuk merangsang warga atau anak sekolah menjadi gemar membaca kita sedang membangun yang di dalamnya nanti ada konten-konten berupa hal-hal yang bisa membuat anak itu menarik untuk datang ke perpustakaan," katanya.

Upaya tersebut saat ini tengah direncanakan, seperti disediakanya eBook, di mana warga atau anak sekolah yang ingin pinjam atau membaca bisa melalui telepon genggam atau komputer.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak desa untuk membangun perpustakaan di setiap desa. "Itu cita-cita kami mudah-mudahan tahun depan terealisasikan," harap Nina.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Sastra Sunda: LAWUNG DI BASISIR CIUJUNG

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:46 WIB

Lapas Purwakarta Panen Raya Sayuran Hidroponik

Kamis, 30 September 2021 | 16:59 WIB

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Terpopuler

X