Kenapa Ayam Goreng Jadi Makanan Favorit Orang Korea Selatan

- Rabu, 30 Juni 2021 | 11:45 WIB
Kenapa Ayam Goreng Jadi Makanan Favorit Orang Korea Selatan
Kenapa Ayam Goreng Jadi Makanan Favorit Orang Korea Selatan

AYOPURWAKARTA.COM -- Orang Korea Selatan ternyata selain menggemari makanan tradisional mereka sendiri yaitu kimchi, mereka juga sangat menyukai hidangan ayam goreng yang dalam bahasa mereka disebut dengan Chikin. Padahal panganan ini banyak sekali ditemukan bahkan sangat mudah untuk dibuatnya di Indonesia. Di Korea Selatan, ayam goreng merupakan salah satu primadona makanan yang paling digemari.

AYO BACA : Bakso Hitam Pak Haji Dari Tasikmalaya, Rasanya Mantap Banget !

Seperti dilansir Koreanboo, ada setidaknya beberapa fakta mengejutkan soal kenapa orang korea sangat menyukai ayam goreng alias kenapa ayam goreng sangat dicintai warga Korea Selatan. Berikut ke fakta-faktanya : 

  1. Di Korea Selatan terdapat kurang lebih 50 ribu restoran ayam goreng. Yang notabene ini adalah restoran yang cukup banyak digeluti oleh para wirausaha kuliner disana. 
  2. Ayam Goreng Korea atau Korean Fried Chicken (KFC)  telah menjadi bagian dari budaya kuliner masyarakat Korea Selatan yang anehnya mereka sendiri tak dapat menjelaskan alasanya secara jelas. 
  3. Ayam goreng menjadi sangat terkenal dan disukai banyak orang ketika krisis moneter (krismon) menyeruak ke seluruh negara Asia termasuk Korea Selatan pada dekade 90an.
  4. Krismon atau krisis moneter yang terjadi 20 tahun lalu itu telah membuat jutaan warga Korsel kehilangan pekerjaan mereka. Menariknya, banyak dari warga yang kehilangan pekerjaan tersebut akhirnya membuka bisnis restoran ayam goreng untuk mencari nafkah. 
  5. Banyak Drama Korea (K-Drama) yang mempopulerkan budaya makan ayam goreng di setiap scene episode, seperti drama Weightlifting Fairy Kim Bok-joo .
  6. Ketika makan fried chicken, orang Korea Selatan lebih suka memilih bir sebagai minumannya. 
  7. Restoran ayam goreng Korsel telah berkembang dengan pesat di luar wilayah Korea Selatan sendiri. Banyak restoran ayam goreng Korsel yang membuka sejumlah gerai baru di luar Korsel.

Jadi, sepertinya bisa menjadi peluang usaha bagi anda yang ingin melebarkan bisnis kulinernya. Apalagi bagi anda yang suka dengan drama K-Pop tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha di Korea Selatan dengan menu ayam goreng sebagai menu utamanya.

AYO BACA : Kerupuk Miskin, Makanan Khas Purwakarta Yang Menyimpan Sejarah

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

X