Dari Dua Laga Dramatis, Swiss dan Spanyol Melenggang ke 8 Besar

- Selasa, 29 Juni 2021 | 05:54 WIB
Logo Piala Eropa 2020. (istimewa)
Logo Piala Eropa 2020. (istimewa)

AYOPURWAKARTA.COM -- Laga 16 besar Euro 2020 semalam yang berlangsung di National Arena, Bucharest, Rumania, Selasa, 29 Juni 2021, dini hari diwarnai kejutan. Les Blues (julukan tim Prancis) yang bertabur pemain bintang harus tersingkir usai dikalahkan Swiss lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 setelah sebelumnya bermain imbang 3-3 dalam babak perpanjangan waktu. Tak kalah dramatis, di pertandingan sebelumnya di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark, Selasa,29 Juni 2021, Spanyol harus bekerja keras sebelum menaklukkan tim kuda hitam Kroasia. Dua gol pada babak perpanjangan waktu yang di antaranya akhirnya dicetak oleh Alvaro Morata, membawa Timnas Spanyol ke perempatfinal Euro 2020 setelah mereka menghancurkan Timnas Kroasia 5-3.

Swiss vs Prancis

Swiss mengawali pertandingan dengan gaya meyakinkan. Mereka berhasil unggul lebih dulu di menit 15 lewat aksi striker Haris Seferovic. Gol itu tercipta usai sang pemain menanduk umpan matang dari Steven Zuber di sisi kiri kotak penalti yang gagal dihadang penjaga gawang Prancis Hugo Lloris.

Keunggulan 1-0 untuk Swiss bertahan hingga babak pertama selesai.

Lima menit usai babak kedua dimulai, Swiss memperoleh peluang emas menambah gol. Itu setelah wasit memberikan hadiah penalti bagi Swiss. Namun sayang, Ricardo Rodriguez gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya masih bisa digagalkan kiper Hugo Lloris.

Tak lama usai dihukum penalti, tepatnya di menit 57, Prancis akhirnya bisa menciptakan gol. Adalah Karim Benzema yang mencatatkan nama di papan skor. Gol itu berawal dari kerjasama apik umpan satu dua antara dirinya dengan Kylian Mbappe. Skor pun jadi imbang 1-1.

Sukses menyamakan kedudukan melecut para pemain Prancis menggeruduk garis pertahanan Swiss. Barisan belakang mereka kocar-kacir mengimbangi kecepatan para pemain Prancis. Benar saja, hanya dua menit setelah gol pertama, Prancis kembali membobol gawang Yan Sommer. Benzema lagi-lagi menjadi aktor lewat gol tandukkannya. Skor berbalik jadi 2-1.

Petaka bagi Swiss kembali datang di menit 75, sepakan keras Paul Pogba dari luar kotak penalti berakhir indah dan masuk! Skor makin jauh jadi 3-1 untuk Prancis. aga dramatis makin tersaji kala Prancis sepertinya bakal memenangi laga dengan mudah. Namun Swiss tak menyerah, di menit 81, Seferovic memperkecil ketertinggalan lewat gol tandukan.

Swiss benar-benar menciptakan keajaiban, tiga menit setelah pergantian Ricardo Rodriguez dengan Admir Mehmedi pada menit 87, Swiss akhirnya menyamakan kedudukan tepat di menit ke-90 setelah umpan cantik dari Granit Xhaka menemui sempurna Mario Gavranovic yang kemudian mengecoh bek tengah Presnel Kimpembe untuk menyarangkan gol ke sudut bawah gawang sehingga kedudukan 3-3.

Ketika pertandingan dilanjutkan ke 2x15 menit babak perpanjangan waktu, kedua tim berusaha membunuh pertandingan ini, para pemain kedua tim bergantian menusuk untuk menambah gol. Namun tidak berhasil. Sehingga kedudukan tetap 3-3. Pertandingan pun dilanjutkan ke adu penalti.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X