Doa-Doa agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

- Rabu, 14 Juli 2021 | 12:35 WIB
Ilustrasi berdoa. (Shutterstock)
Ilustrasi berdoa. (Shutterstock)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Salah satu cara untuk menghindari penyakit adalah memanjatkat doa. Di dalam Islam juga diajarkan banyak doa agar terhindar dari pernyakit berbahaya.

Dilansir dari Ayocirebon.com, sebagai seorang muslim, kita percaya kalau semua yang terjadi berasal dari Allah dan hanya kepada-Nyalah kita bergantung. Untuk itu, kita dianjurkan untuk berdoa kepadanya agar dijauhkan dari penyakit berbahaya.

Doa adalah senjata bagi umat muslim. Dengan berdoa, seseorang membuktikan dirinya yakin bahwa segala sesutau yang ada di dunia terjadi hanya karena kehendak Allah Swt. Mulai dari hal baik dan buruk, semua adalah ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah. Di dalam Al-Qur'an Surat Yunus: 57 Allah swt berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Wahai manusia, sungguh telah datang kepadamu pelajaran (al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS Yunus [10]: 57)

Selain mencegah penyebaran covid-19 dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan berbagai protokol kesehatan, umat Islam dianjurkan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt. agar terhindar dari penyakit berbahaya yang mengancam keselamatan bersama. Dalam banyak riwayat, Nabi Muhammad sebagai suri teladan telah mengajarkan pada umatnya untuk berdoa memohon perlindungan dari Allah swt.

Berikut adalah doa-doa yang agar terhindar dari penyakit berbahaya:

Doa berlindung dari penyakit menular seperti Covid-19

Dalam hadis shahih yang diriwayatkan Abu Dawud, Nabi Muhammad pernah mengajarkan doa agar tehindar dari penyakit berbahaya seperti lepra, gila, penyakit kulit, dan segala macam penyakit menular lainnya. Doa yang Nabi ajarkan, yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:18 WIB

BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:53 WIB
X